Fanatec GT Asia, Seri Balap Roda Empat Internasional Pertama di Pertamina Mandalika International Circuit

0
177

(Vibizmedia – Lombok) Fanatec GT World Challenge Asia Powered by AWS akan menyelenggarakan gelaran yang ditunggu-tunggu di Pertamina Mandalika International Circuit musim depan.

Pertamina Mandalika International Circuit sendiri adalah sirkuit indah yang terletak di pulau Lombok, Indonesia, menjadi sorotan utama kalender tahun 2025 yang diumumkan, Jumat (28/06) di CrowdStrike 24 Hours Spa.

Stephane Ratel, Founder dan CEO SRO Motorsports Group, bertemu dengan perwakilan dari Mandalika Grand Prix Association (MGPA) akhir pekan lalu di Fuji Speedway, dimana secara resmi telah menandatangani multi-year agreement.

Panjang sirkuit ini adalah 4,3 km dan memiliki 17 tikungan, sebelumnya menjadi tuan rumah kejuaraan internasional MotoGP dan the FIM Superbike World Championship sejak akhir tahun 2021.

Fanatec GT Asia akan menjadi seri balap roda empat internasional pertama yang hadir di Pertamina Mandalika International Circuit, dengan lebih dari 30 supercar GT3 yang berkompetisi pada bulan Mei.

Sejak dibentuknya kejuaraan ini pada tahun 2017 maka Indonesia menjadi negara keenam yang menyelenggarakan Fanatec GT Asia sejak dibentuknya kejuaraan ini pada tahun 2017. Sebelumnya event ini pernah diselenggarakan di Malaysia, Thailand, Jepang, dan Tiongkok yang menjadi tuan rumah saat ini, juga pernah diselenggarakan di Korea Selatan pada tahun 2019.

Benjamin Franassovici, Championship Director SRO Motorsports menyatakan, GT racing di Pertamina Mandalika International Circuit pastilah akan sangat spektakuler! Ia mengaku sudah beberapa kali mengunjungi sirkuit ini dan selalu terpesona oleh keindahan Lombok serta kualitas dan fasilitasnya. Tidak ada sirkuit secantik ini di Asia.

Ia menambahkan, dengan masuknya Pertamina Mandalika International Circuit ke dalam kalender musim depan, ia yakin akan menjadi seri yang sangat populer. Pengumuman ini merupakan hasil dari kerja keras selama beberapa tahun, sungguh luar biasa bisa menetapkan posisi Indonesia dalam kalender Fanatec GT Asia.

Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA mengatakan bahwa ini menjadi momen bersejarah bagi Pertamina Mandalika International Circuit yang akan menjadi tuan rumah ajang balap mobil GT3 multi-brand yang populer di Asia.

Priandhi menyatakan, pencapaian luar biasa ini tidak hanya mengukuhkan posisi mereka sebagai sirkuit berkelas internasional, tetapi juga menambah prestasi mereka dalam menyelenggarakan ajang balap internasional yang bergengsi.

Priandhi melanjutkan, menjadi tuan rumah event international membuktikan komitmen MGPA terhadap kemajuan motorsport di Indonesia dan sebagai sirkuit kelas dunia.

Dengan menjadi tuan rumah Fanatec GT World Challenge Asia, kata dia, ini menunjukkan kesiapan Pertamina Mandalika International Circuit untuk menyelenggarakan ajang internasional lainnya, yang akan semakin memperkuat posisi kami sebagai salah satu sirkuit terindah di dunia.

Ari Respati, Direktur Utama ITDC turut mengatakan, kolaborasi ini menandai langkah penting The Mandalika sebagai ‘The Ultimate Lifestyle Sportstainment Destination’ di Indonesia Dengan menjadi tuan rumah event 2025 Fanatec GT World Challenge Asia Powered by AWS Calendar, The Mandalika akan meningkatkan citranya internasional sebagai pusat sport and entertainment.

Selain itu, lanjut Ari, event ini akan membawa manfaat ekonomi yang signifikan bagi komunitas lokal. Secara keseluruhan, kolaborasi ini merupakan langkah strategis untuk meningkatkan kedudukan global The Mandalika sambil memastikan dampak ekonomi positif jangka panjang bagi komunitas sekitarnya.

Ari melanjutkan, ITDC sepenuhnya mendukung kolaborasi MGPA dengan GT Fanatec, mengakui perannya yang penting dalam mewujudkan tujuan-tujuan ini dan meningkatkan daya tarik The Mandalika.

Spesifik kalender Fanatec GT Asia akan diumumkan bersama dengan lima lokasi lainnya.
Tiga sirkuit di Asia Tenggara – Sepang, Mandalika, dan Chang – akan menjadi tuan rumah musim pertama dari April hingga Juni, diikuti oleh dua putaran di Jepang, dan akan ditutup di Tiongkok pada bulan Oktober.

Diharapkan Tim Fanatec GT Asia juga berpartisipasi dalam Suzuka 1000km, yang akan menjadi bagian dari Intercontinental GT Challenge tahun depan. Namun, ini tidak termasuk dalam bagian dari Fanatec GT Asia’s regular season.

PROVISIONAL 2025 FANATEC GT ASIA CALENDAR

April Sepang International Circuit, Malaysia 2x 60min races
May Pertamina Mandalika International Circuit, Indonesia 2x 60min races
June Chang International Circuit, Thailand 2x 60min races
July Fuji, Japan 2x 60min races
August TBC, Japan 2x 60min races
October TBC, China 2x 60min races.