Harga Kakao Semakin Mahal Menembus Level $6000 Akibat Angin Harmattan di Afrika Barat

0
153

(Vibizmedia – Commodity) Harga kakao berjangka di bursa komoditi berjangka New York pada hari Selasa naik tepat di bawah harga tertinggi sepanjang masa pada hari Jumat lalu dan berakhir menembus level $6.000, terpicu angin musiman Harmattan yang melanda Afrika Barat.

Harga kakao berjangka kontrak bulan Maret 2024 berakhir naik 2,41% pada 6.001

Harga kakao telah meningkat tajam selama lima minggu terakhir karena angin musiman Harmattan yang kencang dan curah hujan yang tidak mencukupi di Afrika Barat mengeringkan ladang kakao dan menyebabkan kerusakan pada tanaman pertengahan di Pantai Gading.

Produksi kakao yang lebih rendah di Pantai Gading, produsen kakao terbesar di dunia, merupakan faktor kenaikan utama harga kakao. Data pemerintah hari Senin menunjukkan petani Pantai Gading mengirimkan 1,08 MMT kakao ke pelabuhan dari 1 Oktober hingga 11 Februari, turun -38% dibandingkan waktu yang sama tahun lalu.

Analyst Vibiz Research Center memperkirakan untuk perdagangan selanjutnya, harga kakao akan bergerak naik terpicu intensitas angin musiman Harmattan yang terus terjadi di Afrika Barat. Harga kakao diperkirakan bergerak dalam kisaran Resistance 6.082-6.162. Namun jika turun, akan bergerak dalam kisaran Support 5.868-5.734.