Menghemat Uang Saat Bepergian ke Luar Negeri

0
449
Ilustrasi pesawat internasional. FOTO: WIKIPEDIA

(Vibizmedia-Gaya Hidup) Sebagai seorang traveler, kita sering melakukan kesalahan dalam hal keuangan di luar negeri — seperti memberi tip di waktu yang tidak diharapkan atau membayar lebih untuk WiFi yang lambat untuk panggilan pulang ke rumah yang tidak lancar. Namun seiring dengan pengalaman, muncullah kebijaksanaan — dan inilah beberapa saran menghindari pemborosan uang saat kita seharusnya menggunakannya untuk liburan yang memang layak kita dapatkan.

Waspadai nilai tukar

Beberapa kartu kredit membanggakan bahwa mereka tidak mengenakan biaya transaksi — hanya untuk mendapatkan nilai tukar yang tinggi yang mereka harap tidak diperhatikan. Periksa kartu kredit kita untuk memastikan dan mengetahui biaya transaksi lengkapnya. Meskipun demikian, mencari tahu nilai tukarnya juga merupakan sebuah tantangan. Ketika mencoba mencari tahu tarif kartu Visa, butuh kerja keras yang lama untuk mendapatkan jawaban. Menelpon ke call centre adalah yang pertama bisa dilakukan hingga menelepon nomor bebas pulsa bank dan bertanya kepada perwakilan di mana bisa menemukan jawaban yang tepat.

Terdapat j melihat pilihan lain, seperti lembaga keuangan berbasis digital yang mungkin memiliki nilai tukar lebih menguntungkan dan biasanya tidak dikenakan biaya tinggi. Ini termasuk Revolut dan Wise, yang melayani wisatawan yang membutuhkan akses ke berbagai mata uang. Mereka juga menawarkan kartu fisik, jadi jika kita berada di suatu tempat yang tidak lagi menerima uang tunai (yang semakin umum di banyak negara), masih dapat memanfaatkan nilai tukar yang lebih baik.

Bayar dalam mata uang lokal?

Mereka tampak begitu polos, beberapa kata itu berkedip ke arah kita dari pembaca kartu saat server dengan sabar menunggu kita memilih: “Mata uang lokal atau mata uang dalam negeri?” Disebut sebagai konversi mata uang dinamis, fitur yang relatif baru ini mulai diterapkan di seluruh layanan pembayaran digital di seluruh dunia. Secara teori, ini bisa membuat hidup kita lebih mudah, karena Kita akan tahu berapa banyak dolar yang kita keluarkan saat itu juga. Namun dalam praktiknya, memilih mata uang dalam negeri bisa menjadi salah satu cara termahal untuk membayar di luar negeri.

Vibizmedia Photo

“Biaya yang dikenakan bisa menjadi yang tertinggi,” kata Chuck Bell, direktur program advokasi Consumer Reports, seraya mencatat bahwa tarif tersebut bisa mencapai 6 hingga 7 persen dibandingkan dengan biasanya 3 persen. Untuk membuatnya lebih licik lagi, Kita tidak akan dapat mengetahui berapa biayanya sampai Kita membayar. Menurut pengalaman banyak orang, yang kita dapatkan hanyalah pembaca kartu genggam sederhana — tanpa cara apa pun untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

“Ini adalah layanan bernilai tambah yang ditambahkan pedagang, hanya untuk memberi kita ketenangan pikiran karena kita tahu berapa yang kita bayar,” jelas Bell. “Tetapi mereka benar-benar membebankan biaya kepada kita.” Bell mendorong pengguna untuk membaca rinciannya untuk memastikan opsi mata uang lokal tidak mengabaikan perolehan poin reward atau perlindungan pembeli apa pun yang diberikan kartu tersebut — sebuah praktik yang kurang umum, namun tetap saja berisiko.

Hindari membayar untuk menelpon ke rumah

Saat kita perlu tetap terhubung ke rumah atau kantor, solusi populer bagi wisatawan adalah koneksi WiFi yang layak atau paket data luar negeri dengan harga terjangkau dari operator kita. WhatsApp, dengan lebih dari 2 miliar pengguna bulanan di seluruh dunia, adalah platform umum untuk mengirim pesan teks atau melakukan panggilan suara atau video gratis jika pihak penerima juga telah menginstal aplikasi tersebut. Namun, satu kelemahannya adalah WhatsApp tidak berfungsi dengan baik dengan nomor telepon rumah. Dalam hal ini, kita dapat menggunakan Skype, Google Voice, dan RingCentral sebagai opsi jika kita perlu menghubungi telepon rumah. Harga bervariasi dari gratis hingga $20 per bulan.

Jika kita perlu melihat layar pada panggilan Zoom, Gmeet atau Microsoft Teams, kita dapat mengunduh aplikasi gratisnya di ponsel atau tablet kita. Dalam beberapa kasus, bergabung melalui browser web di perangkat seluler dapat dilakukan tanpa aplikasi. Ingatlah bahwa beberapa browser seluler mungkin sulit digunakan untuk panggilan video, jadi praktikkan beberapa metode berbeda sebelum perjalanan kita. Aplikasi ini juga mungkin merupakan pilihan yang lebih baik karena lebih mudah untuk membisukan suara kita dan menghindari momen yang berpotensi memalukan dari kebisingan latar belakang.

Jika kita tidak memiliki koneksi internet sendiri, sebagian besar kota besar memiliki kafe internet — beberapa di antaranya memiliki bilik telepon pribadi — atau ruang kerja bersama tempat Kita dapat menyewa waktu untuk menggunakan WiFi dan komputer di lokasi. Hanya saja, jangan melakukan kesalahan yang sama seperti yang terjadi di kafe internet yang mahal di London, ketika kita terburu-buru dan keluar secepat mungkin untuk menjaga biaya tetap rendah tapi rupanya ada tanda tersembunyi: “Tagihan minimum setengah jam. ” Jadi kita dikenakan biaya tinggi untuk waktu yang bahkan tidak kita gunakan. Jika memerlukan ruang kerja bersama yang lebih cocok untuk pelancong bisnis, Regus adalah salah satu perusahaan internasional terbesar yang berlokasi di sebagian besar kota tujuan.

Menghemat penyimpanan bagasi

Ini merupakan kerumitan yang umum: Penerbangan atau kereta berikutnya berangkat pada malam hari, tetapi kita harus check out dari hotel pada tengah hari — dan akan sangat merepotkan bagi rencana perjalanan kita untuk meninggalkan tas di hotel setelah kita membayar tagihan. Daripada menyeret koper kita ke mana-mana saat berjalan-jalan satu hari lagi, kita dapat memesan penyimpanan bagasi jangka pendek menggunakan aplikasi yang telah bermitra dengan toko-toko kecil dan bisnis untuk menyediakan penyimpanan yang aman.

Orang – orang yang sedang mengambil bagasi di ruang kedatangan bandara Stansted London (Foto: Fanya/ vibizmedia)
Orang – orang yang sedang mengambil bagasi di ruang kedatangan bandara Stansted London (Foto: Fanya/ vibizmedia)

Beberapa dari sekian banyak pilihan termasuk Usebounce.com, Nannybag.com, Radicalstorage.com, dan Stasher.com. Harga cenderung mulai sekitar $5-7 dolar per hari per item. Opsi tersebut seringkali lebih murah dibandingkan menggunakan penyimpanan jangka pendek yang ditawarkan di stasiun kereta api besar dan beberapa bkitara — yang seringkali berlokasi jauh dari lokasi yang ingin kita kunjungi.