Telah Ditandatangani Komitmen Kerjasama BNPT dan Badan Intelijen Rumania untuk Perangi Terorisme

0
152
Penandatanganan kerja sama Arrangement on CT (Counter Terrorism) Cooperation antara BNPT dan Badan Intelijen Rumania yang dilakukan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Andhika Chrisnayudhanto dan Duta Besar Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Bǎlǎnescu (Foto: Biro Perencanaan, Hukum dan Humas BNPT)

(Vibizmedia – Jakarta) Telah ditandatangani  Arrangement on CT (Counter Terrorism) Cooperation yang mengawali komitmen bersama antara Badan Nasional Penanggulangan Terorisme Republik Indonesia (BNPT) dan Badan Intelijen Rumania atau Serviciul Român de Informații (SRI) memerangi terorisme dalam berbagai bentuk.

Dalam keterangannya terkait kerja sama antara BNPT dengan SRI dari Bali, seperti dikutip pada Minggu (9/6/2024), Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Andhika Chrisnayudhanto menegaskan, penandatanganan perjanjian itu sebagai tonggak awal dalam komitmen bersama untuk melawan dan memerangi terorisme dalam segala bentuk.

Penandatanganan kerja sama itu dilakukan Deputi Bidang Kerja Sama Internasional BNPT, Andhika Chrisnayudhanto dan Duta Besar Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Bǎlǎnescu.

Menurut Andhika kerja sama dalam memerangi teroris itu akan berjalan efektif dan berdampak pada kondisi keamanan yang kondusif kedua negara.

Hal ini bercermin dari pengalaman kerjasama penanggulangan organisasi criminal transnasional, termasuk terorisme, kedua negara yang pernah dilaksanakan pada 2006 lalu.

Andhika menjelaskan, dalam bidang penanggulangan terorisme, pada 2006 kedua negara menandatangani agreement between the two governments on cooperation in preventing and combating transational organized crime, terrorism, and other types of crime. Ia menyatakan Indonesia optimis bahwa kerja sama saat ini pun akan efektif dan berdampak positif bagi kedua negara.

Senada, Duta Besar Rumania untuk Indonesia, Dan Adrian Bǎlǎnescu, optimistus kerja sama ini akan memberikan dampak manfaat bagi negaranya, meski ancaman terorisme saat ini terbilang rendah.

Dubes Rumania mengatakan, tingkat ancaman terorisme di Rumania hingga saat ini rendah, namun optimis bahwa kerja sama itu akan memberikan manfaat bagi Rumania.

Adapun ruang lingkup kerja sama dimulai dari pertukaran informasi, saling berbagi praktik – praktik baik, kerja sama di bidang pencegahan, pertukaran kunjungan para ahli hingga penguatan kapasitas melalui konferensi, seminar, dan training.