Peran Serta Kemendag dalam Forum Indikasi Geografis Nasional untuk Tingkatkan Ekspor

0
164

(Vibizmedia – Jakarta) Telah berlangsungĀ  Forum Indikasi Geografis Nasional di Jakarta, pada Kamis (13 Jun) dimana Direktur Pengembangan Ekspor Produk Primer, Miftah Farid sebagai narasumber memaparkan peran penting Indikasi Geografis dalam peningkatan ekspor.

Indikasi Geografis berkontribusi meningkatkan daya saing produk di pasar global melalui kualitas dan karakteristiknya, sehingga menciptakan diferensiasi dan reputasi baik.

Untuk itu Produk Indikasi Geografis perlu terus didorong dengan cara meningkatkan kesadaran masyarakat, melakukan kerja sama dengan negara lain, perjanjian kerja sama perdagangan yang spesifik, serta promosi dan penjenamaan (branding). Itu sebabnya diperlukan kolaborasi dengan kementerian dan instansi terkait serta peran penting Masyarakat Perlindungan Indikasi Geografis (MPIG).

Forum Indikasi Geografis Nasional diselenggarakan oleh Kementerian Hukum dan HAM sebagai rangkaian puncak peringatan Hari Kekayaan Intelektual Sedunia Tahun 2024. Acara ini dibuat sebagai salah upaya untuk membentuk ekosistem kekayaan intelektual di Indonesia.

Turut menjadi narasumber yaitu Direktur Merek dan Indikasi Geografis, Kurniawan Telaumbanua dan perwakilan dari European Commision, Tamas Kiraly yang memberikan gambaran perlindungan produk Indikasi Geografis di sektor kreatif dan industri di Uni Eropa.

Forum ini juga dihadiri oleh MPIG serta perwakilan kementerian dan asosiasi terkait, perguruan tinggi, dan kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM.