Seberapa Awal Harus Tiba di Bandara?

Tiba lebih awal di bandara adalah kunci untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan nyaman. Pastikan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan proses check-in dan pemeriksaan keamanan tanpa terburu-buru.

0
228
Bandara Udara Internasional Brunei
Bandara Udara Internasional Brunei (Foto:Philip Suwandi/kontributor Vibizmedia)

(Vibizmedia-Gaya Hidup dan Hiburan) Seberapa awal harus tiba di bandara untuk hari-hari sibuk perjalanan udara? Bandara dan maskapai penerbangan umumnya merekomendasikan dua jam untuk keberangkatan domestik dan tiga jam untuk penerbangan internasional.

Namun dengan begitu banyak orang yang bepergian dengan pesawat, pedoman standar ini mungkin tidak berlaku. Untuk menentukan berapa banyak waktu yang harus dipersiapkan, para ahli perjalanan mengetahui tentang faktor-faktor apa yang akan menambah atau mengurangi berapa banyak waktu yang dibutuhkan pelancong di bandara sebelum penerbangan.

Catatan: Rekomendasi ini adalah perkiraan kasar—mungkin tidak perlu tiba pukul 7 pagi untuk penerbangan siang. Dan tidak memperhitungkan faktor-faktor seperti cuaca.

Bandara

Batasan dasar: 90 menit

Sekitar 99% pelancong menunggu selama 30 menit atau kurang di jalur pemeriksaan standar di pos pemeriksaan keamanan. Boarding umumnya dimulai sekitar 30 menit sebelum keberangkatan domestik yang dijadwalkan. Orang yang bepergian hanya dengan barang bawaan minimal memerlukan waktu jeda 90 menit sebelum penerbangan, termasuk waktu yang diperlukan untuk berjalan ke gerbang keberangkatan.

Sudah punya boarding pass di seluler? Kurangi 20 menit

Persiapan akan membuahkan hasil. Cobalah untuk check in untuk penerbangan sebelum berangkat ke bandara. Dengan mendapatkan boarding pass seluler (atau mencetak salinannya di rumah) tidak perlu menunggu di kios check-in.

Bepergian pada jam sibuk? Tambahkan 30 menit

Bandara biasanya akan mengalami kepadatan di pagi dan sore hari. Begitu pula, akhir pekan lebih ramai daripada hari Rabu. Dan ya, Starbucks di terminal akan memiliki antrean di pagi hari.

Terbang dari bandara besar? Tambahkan 20 menit

Faktor utama yang menentukan seberapa banyak waktu istirahat yang dibutuhkan pelancong adalah ukuran bandara, kata Jen Campbell Boles, pendiri Explore More Family Travel, agen perjalanan yang berbasis di North Carolina. Semakin banyak orang dan terminal yang lebih besar sering kali berarti antrean dan jalan yang lebih panjang. Di Bandara Internasional John F. Kennedy di New York, beberapa gerbang terletak setidaknya 15 menit berjalan kaki dari gerbang pemeriksaan.

Bandara
Suasana bandara CamRanh Vietnam (Foto: Herry Santoso/kontributor Vibizmedia)

Berjalan kaki dari terminal pemeriksaan ke ruang tunggu di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta (CGK) di Jakarta, Indonesia, bisa memakan waktu sekitar 5 hingga 15 menit tergantung pada gerbang pemeriksaan keamanan tempat melewati proses tersebut dan lokasi ruang tunggu yang dituju.

Baca juga : Lufthansa Tingkatkan Kapasitas Menjadi 92 Persen

Setelah melewati pemeriksaan keamanan, pelancong biasanya akan berjalan melalui koridor yang mengarah ke area utama ruang tunggu di terminal tersebut. Bandara Soekarno-Hatta memiliki ukuran yang besar, jadi perlu diingat bahwa jarak tempuh ini bisa bervariasi tergantung pada kecepatan berjalan dan kondisi lalu lintas di bandara pada saat itu.

Parkir atau mengembalikan mobil sewaan? Tambahkan 20 menit

Proses pengembalian mobil sewaan lebih mudah saat ini daripada sebelumnya, kata penasihat perjalanan. Masalahnya adalah pergi dari agen penyewaan ke terminal, yang berpotensi menyeret tas di bus atau trem. Caroline Quinn, spesialis perjalanan dengan agen perjalanan mewah Black Tomato, memperingatkan bahwa di beberapa bandara, tempat pengembalian mobil mungkin jauh dari lokasi.

Jika membawa mobil sendiri ke bandara, bersiaplah untuk tempat parkir yang ramai. Pesan tempat parkir terlebih dahulu jika memungkinkan—jika tidak, mungkin perlu parkir di tempat parkir yang lebih jauh. Untuk parkir inap di Bandara Soekarno-Hatta (CGK) di Jakarta, bisa mengikuti petunjuk dan arah menuju Terminal 3 setelah memarkir kendaraan.

Transportasi bus di Brooklyn, Amerika Serikat tidak bertingkat. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/TAN YOH

Shuttle Bus: Bandara Soekarno-Hatta menyediakan layanan shuttle bus antara terminal-terminal dan area parkir inap. Waktu perjalanan dengan shuttle bus ini bisa sekitar 15-30 menit tergantung pada lalu lintas di dalam bandara.

Jalan Kaki: Jika memilih untuk berjalan kaki, waktu yang dibutuhkan bisa bervariasi tergantung pada lokasi parkir inap dan gerbang masuk Terminal 3. Secara umum, ini bisa memakan waktu sekitar 10-20 menit tergantung pada jaraknya.

Dengan Mobil Pribadi: Jika menggunakan mobil pribadi, waktu perjalanan tergantung pada lalu lintas di dalam bandara. Secara perkiraan, perjalanan ini bisa memakan waktu sekitar 10-15 menit tergantung pada lokasi parkir inap dan kondisi lalu lintas.

Sebaiknya perhatikan juga waktu yang diperlukan untuk proses check-in, pemeriksaan keamanan, dan prosedur lainnya di Terminal 3. Selalu lebih baik untuk memperkirakan waktu yang lebih longgar agar tidak terburu-buru saat menuju ke terminal untuk penerbangan Anda.

Baca juga : Menghemat Uang Saat Bepergian ke Luar Negeri

Menitipkan tas atau terbang dengan hewan peliharaan? Tambahkan 30 hingga 45 menit

Meskipun dapat memberi label pada tas sendiri, penasihat perjalanan memperingatkan bahwa pengecekan tas dapat memakan waktu. Menunggu untuk mencetak label bagasi di kios, lalu menunggu untuk menimbang tas dan meletakkannya di ban berjalan. Ditambah lagi, sebagian besar maskapai penerbangan mengharuskan tas diperiksa setidaknya 30 hingga 45 menit sebelum keberangkatan. Periksa situs web maskapai penerbangan yang digunakan untuk mengetahui peraturannya. Jika perlu memeriksa barang berukuran besar atau tidak biasa—seperti tongkat golf atau ski—anggarkan lebih banyak waktu, kata Henley Vazquez, salah seorang pendiri agen perjalanan Fora. Dan jika berencana untuk bepergian dengan Whiskers atau Fido, lakukan lebih awal. Maskapai penerbangan umumnya harus menyetujui hewan peliharaan untuk terbang, tetap memerlukan bantuan petugas.

Terbang internasional? Tambahkan 30 menit

Bandara
Bandar Udara Internasional Changi di Singapura, Salah Satu Bandara Terbesar di Asia Tenggara. FOTO : VIBIZMEDIA.COM/INDIAH

Pergi ke luar negeri adalah proses yang lebih rumit. Petugas perlu memverifikasi paspor yang valid dan dokumen perjalanan relevan lainnya. Penerbangan internasional sering kali menetapkan tenggat waktu lebih awal untuk bagasi terdaftar dan mulai naik lebih awal.

Apakah ada pemeriksaan keamanan precheck atau clear? Kurangi 20 menit

Seorang petugas keamanan mengatakan bahwa 99% orang yang memiliki fasilitas precheck menunggu 10 menit atau kurang untuk melewati pemeriksaan keamanan. Dan pemeriksaan itu sendiri lebih lancar, karena tidak perlu mengosongkan tas elektronik atau melepas sepatu. (Beberapa bandara menawarkan kemampuan untuk memesan waktu pemeriksaan keamanan rombongan perjalanan secara gratis.) Layanan ini mungkin menghemat lebih sedikit waktu daripada sebelumnya karena begitu banyak orang sekarang memiliki akses ke sana, penasihat perjalanan memperingatkan. Dan tidak semua bandara memiliki jalur clear atau precheck khusus.

Memiliki status perjalanan elit? Kurangi 20 menit

Orang dengan status frequent-flier yang lebih tinggi umumnya memiliki akses ke jalur check-in khusus. Di beberapa bandara, orang yang mengeluarkan lebih banyak uang untuk tiket premium atau mereka yang berstatus elit mungkin memiliki jalur keamanan mereka sendiri.

Bepergian dengan anak kecil? Tambahkan 60 menit

Mengawal anak kecil melewati bandara dan pos pemeriksaan keamanan dapat memerlukan upaya yang sangat besar dan tentu saja membutuhkan lebih banyak waktu. Anak kecil mungkin perlu melewati detektor logam terpisah. Orang tua yang bepergian dengan makanan bayi, ASI, atau susu formula yang melebihi batas cairan harus memeriksa barang-barang tersebut secara khusus. Lalu ada faktor bisa menjadi basi. Hari perjalanan yang menegangkan adalah resep sempurna untuk amarah yang menyita waktu.

Butuh kursi roda? Tambahkan 90 menit

Mereka yang tidak dapat berjalan jauh melintasi terminal mungkin memerlukan kursi roda untuk menjelajahi bandara. Itu membutuhkan waktu yang jauh lebih lama, kata Lauren Doyle, presiden Travel Mechanic, sebuah agensi yang berbasis di North Carolina. “Anda mengandalkan orang lain,” katanya. Pada hari-hari perjalanan yang sibuk, petugas kursi roda memiliki banyak pekerjaan, jadi sediakan banyak waktu tambahan. (Juga, jika membutuhkan kursi roda, pastikan untuk memesannya terlebih dahulu dengan maskapai penerbangan.)

Tiba lebih awal di bandara adalah kunci untuk memastikan perjalanan berjalan lancar dan nyaman. Pastikan memiliki waktu yang cukup untuk melakukan proses check-in dan pemeriksaan keamanan tanpa terburu-buru. Pilih tempat duduk yang strategis, terutama dekat dengan pintu gerbang, agar dapat dengan mudah mengakses ruang tunggu setelah boarding dimulai. Selama menunggu, persiapkan hiburan seperti membawa buku atau perangkat elektronik favorit untuk mengisi waktu dengan menyenangkan. Jangan lupa untuk mencoba makanan lokal yang tersedia di bandara untuk menambah pengalaman kuliner. Terakhir, jika terjadi keterlambatan penerbangan, tetaplah tenang dan ikuti informasi terbaru serta arahan dari maskapai untuk mengelola situasi dengan baik. Dengan melakukan persiapan ini, dijamin dapat membuat perjalanan lebih santai dan meminimalkan stres yang mungkin timbul di bandara.