Mengapa Banyak Perusahaan Travel “Menjamin Cuaca”

Carolin Lusby, seorang profesor madya di Chaplin School of Hospitality & Tourism Management di Florida International University dan salah satu direktur program Global Sustainable Tourism di sana, mengatakan ada beberapa pelancong yang kemungkinan besar akan membeli janji cuaca. Calon pelanggan termasuk keluarga, mereka yang menghindari risiko, dan pemboros yang akan kehilangan lebih banyak uang akibat gangguan cuaca.

0
108
cuaca

(Vibizmedia-News Insight) Pelancong dapat mengendalikan hampir setiap detail perjalanan mereka: tempat menginap, waktu makan, apa yang harus dilihat, dan cara bepergian. Di sisi lain, cuaca bekerja dengan sendirinya. Untuk meyakinkan wisatawan yang mungkin terlalu takut hujan untuk memesan perjalanan, perusahaan perjalanan mempermanis kesepakatan. Hujan merusak permainan golf Anda? Dapatkan pengembalian uang. Cahaya utara tidak muncul di pelayaran Anda? Daftar untuk yang lain — gratis. Salju di lereng yang tidak rata? Tukar tiket lift Anda untuk hari lain.

Janji-janji seperti itu tidak ada di mana-mana, dan sering kali disertai dengan cetakan kecil atau dengan biaya tambahan. Namun, karena perubahan iklim menyebabkan peningkatan kejadian cuaca ekstrem, lebih banyak pelaku industri perjalanan mencoba meringankan dampak hujan, siang yang terik, atau bahkan kurangnya fenomena alam yang mengecewakan. “Pengalaman jauh lebih penting daripada uang bagi orang-orang,” kata Nick Cavanaugh, pendiri dan CEO Sensible Weather, yang membayar wisatawan jika prakiraan cuaca memenuhi kondisi tertentu.

cuaca

“Untuk banyak perjalanan, cuaca adalah penentu pengalaman.” Jaminan cuaca berbeda dari polis asuransi perjalanan tradisional, yang biasanya menanggung biaya jika liburan harus dibatalkan atau dipersingkat karena keadaan darurat yang ditanggung, seperti penyakit, cedera, atau bencana alam, kata Jenna Hummer, juru bicara situs perbandingan asuransi perjalanan Squaremouth. Polis asuransi dapat menelan biaya sekitar 5 hingga 10 persen dari biaya perjalanan. “Itu akan sangat membuat frustrasi jika Anda menghabiskan sejumlah uang dan pergi berlibur ke pantai dan hujan sepanjang waktu,” katanya. “Sayangnya, asuransi perjalanan tidak menanggung hilangnya kenikmatan.”

“Northern Lights Promise”

Hotel-hotel, resor ski, destinasi, jalur pelayaran, dan lainnya masing-masing menawarkan jaminan cuaca yang berbeda. Pada tahun 2019, pulau Elba di Italia menjanjikan menginap semalam gratis (yang tidak berlaku lagi) pada hari-hari ketika hujan turun selama lebih dari dua jam selama waktu puncak aktivitas.

Baca Juga : Pictures of The Day 26 June 2024, Northern Lights, Iceland

Inter Continental Singapore mengiklankan paket Rain Resist Bliss untuk suite tertentu, berlaku hingga akhir tahun, yang memberikan potongan harga satu malam jika rencana terganggu oleh hujan. Banyak resor ski mengizinkan pengunjung untuk mendapatkan cek hujan pada tiket lift jika salju tidak memenuhi harapan. SeaWorld menawarkan “Jaminan Cuaca atau Tidak,” sehingga tamu dapat kembali gratis dalam waktu satu tahun jika cuaca ekstrem, termasuk panas, benar-benar merusak rencana mereka.

cuaca
Aurora Langit Iceland. FOTO : VERONICA SAVER

Holland America Line menawarkan “jaminan gletser” untuk pelayaran Alaska, menjanjikan kredit untuk pelayaran mendatang yang setara dengan 15 persen dari tarif pelancong jika pelayaran tiba-tiba melewatkan kunjungan gletser. Setidaknya dua jalur pelayaran lainnya, Hurtigruten dan Havila Voyages yang berbasis di Norwegia, membuat “Northern Lights Promise” untuk pelayaran gratis jika tidak ada aurora yang terjadi selama pelayaran pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

“Cahaya utara adalah [peristiwa] yang sangat dinanti-nantikan bagi banyak pelancong,” kata Anders Lindström, juru bicara Hurtigruten, yang telah menawarkan janjinya selama hampir satu dekade. “Kami tahu orang-orang memesan tiket kami untuk melihat cahaya utara.” Ia mengatakan peluang untuk melihat fenomena tersebut di Arktik Norwegia antara Oktober dan Maret sangat besar; pelancong “hampir tidak pernah” harus memanfaatkan tawaran pelayaran gratis dari perusahaan pelayaran tersebut — dan jika mereka melakukannya, mereka tetap harus membayar tiket pesawat untuk sampai ke kapal. Namun, Lindström mengatakan jaminan tersebut membantu para tamu merasa yakin untuk memesan tiket sejak awal. “Kami tidak bertanggung jawab atas cuaca,” katanya. “Saya berharap kami yang bertanggung jawab.”

Prakiraan cuaca buruk = uang kembali

Sensible Weather, yang mulai menawarkan jaminan cuaca pada tahun 2021, telah menjual lebih dari 100.000 jaminan yang mencakup hujan sejak saat itu. Perusahaan tersebut bermitra dengan 3.500 bisnis, termasuk tempat perkemahan, operator tur, hotel, lapangan golf, objek wisata, dan lainnya; bisnis tersebut memungkinkan pelanggan untuk membeli “Jaminan Cuaca” sebagai bagian dari proses pembayaran.

cuaca

Sensible Weather sebagian besar menanggung hujan dan, di mitra resor ski, salju yang terlalu banyak, tetapi mulai menawarkan perlindungan panas awal tahun ini. Cavanaugh mengatakan dia juga tertarik untuk berpotensi menambah kualitas udara, menyusul banjir asap kebakaran hutan tahun lalu. Biaya untuk mengasuransikan terhadap kondisi buruk umumnya 5 hingga 10 persen dari apa yang dibelanjakan wisatawan, kata Cavanaugh.

Parameter (misalnya, berapa jam prakiraan hujan yang dibutuhkan untuk mendapatkan penggantian biaya) ditetapkan saat pembelian dilakukan. Jika prakiraan memenuhi persyaratan tersebut, pelanggan secara otomatis mendapatkan penggantian biaya, bahkan jika mereka melanjutkan rencana mereka di tengah hujan.

Ambang batas dan harga bervariasi menurut risikonya, dan, tentu saja, cuacanya bisa bagus, yang berarti tidak ada uang yang akan dikembalikan. “Anda masih bisa bermain jet-ski di tengah hujan,” kata Cavanaugh. “Anda tidak bisa bermain jet-ski di tengah hujan dan mengambil uang yang kami berikan untuk pergi pijat.”

cuaca
Mount Assiniboine, Mount Assiniboine Provincial Park, East Kootenay G, BC, Canada (Alex Gorey,Unsplash)

Perusahaan tersebut memberikan beberapa contoh cara kerja pertanggungan: Sepasang suami istri yang membayar $12,78 untuk melindungi biaya $115 mereka untuk berkemah selama satu malam di bulan Juni di Tennessee dijamin pembayaran 100 persen jika hujan turun setidaknya selama tiga jam. Mereka mendapatkan kembali $115 itu setelah hujan berlangsung selama empat jam.

Baca Juga : Inilah Cara Berkemah di Pedalaman Amerika

Di Utah, biayanya adalah $3 untuk melindungi menginap di hotel satu malam seharga $122 pada bulan Agustus dengan janji bahwa satu jam hujan akan menghasilkan penggantian uang. Pelanggan mendapatkan kembali $122 setelah hujan turun selama satu jam. Karena pembayaran dilakukan berdasarkan prakiraan cuaca, orang-orang mendapatkan uang mereka kembali bahkan jika prakiraan cuaca tidak muncul.

“Ini sama-sama menguntungkan,” kata Cavanaugh. “Kami berusaha memberi uang kepada orang-orang sesegera mungkin, idealnya sebelum hal buruk terjadi, untuk memaksimalkan kemungkinan Anda mengalami hari yang baik.” WeatherPromise, perusahaan yang lebih baru, juga menjanjikan jaminan terhadap hujan dengan harga tertentu.

Campspot, situs yang memungkinkan wisatawan memesan tempat berkemah, bermitra dengan Sensible Weather tahun lalu setelah riset pelanggan mengungkapkan cuaca yang tidak dapat diprediksi “adalah bagian yang paling menegangkan” tentang pemesanan perjalanan dan berkemah, kata Jeff Bettin, wakil presiden strategi dan kinerja komersial. Dia mengatakan perusahaan menemukan bahwa pelanggan lebih cenderung memesan setelah jaminan diperkenalkan. “Kami pikir itu berpotensi memberikan lebih banyak keyakinan untuk mengatasi rintangan mental itu: ‘Oh, bagaimana jika hujan?'” katanya. “Sekarang Anda memiliki ketenangan pikiran.”

Kebijakan mencakup kenyamanan

Collective Hill Country, situs glamping di Texas, adalah mitra pertama yang menawarkan kepada para tamu opsi panas karena perusahaan perhotelan luar ruangan tersebut berupaya untuk memperpanjang tanggal operasinya di musim panas. Kepala bagian perhotelan Vanessa Vitale Hughes mengatakan bahwa properti tersebut sudah menyediakan AC, air mengalir, pancuran, kolam renang baja, dan makanan yang sesuai untuk cuaca hangat.

cuaca
Grand Teton National Park, Wyoming, USA (Mick Kirchman, Unsplash)

“Saya pikir kami telah melakukan pekerjaan yang sangat baik untuk memastikan kenyamanan dalam semua jenis kondisi,” katanya. “Dan saya pikir itu juga sedikit bergantung pada tamu — itulah sebabnya jaminan cuaca apa pun merupakan lapisan perlindungan ekstra bagi mereka yang membutuhkannya.”

Perusahaan tersebut telah menawarkan perlindungan hujan di propertinya di New York sebagai “semacam jas hujan ekstra,” kata Hughes, dan mendapat tanggapan yang baik. Dia mengatakan bahwa, di Texas, jika cuaca mencapai suhu yang ditetapkan oleh kebijakan, tamu akan tetap dapat mengambil bagian dalam aktivitas apa pun yang mereka sukai — mereka hanya akan mendapatkan kembali uang untuk hari itu.

Carolin Lusby, seorang profesor madya di Chaplin School of Hospitality & Tourism Management di Florida International University dan salah satu direktur program Global Sustainable Tourism di sana, mengatakan ada beberapa pelancong yang kemungkinan besar akan membeli janji cuaca. Calon pelanggan termasuk keluarga, mereka yang menghindari risiko, dan pemboros yang akan kehilangan lebih banyak uang akibat gangguan cuaca.

Lusby, yang menyelenggarakan konferensi tentang keberlanjutan dan perubahan iklim, mengatakan bahwa ia memperkirakan Bumi yang memanas akan terus memengaruhi para pelancong dengan cara yang berarti. “Ini mengubah pola cuaca,” katanya. “Ini adalah sesuatu yang pasti akan memengaruhi kita.