Berbagai Manfaat Bawang Merah

0
471
Bawang merah (Foto: David Oloan)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Bawang merah sering kita jumpai di dapur rumah kita dan biasanya saat dipotong terlalu banyak maka akan membuat maka kita menjadi perih dan mengeluarkan air mata.

Bawang merah menjadi bahan pokok untuk membuat berbagai jenis makanan seperti sayur sop, telor dadar, sayur tumis kangkung, bawang goreng, nasi goreng dan juga sambal goreng, sambal mentah dan juga yang lainnya. Bawang merah adalah bumbu dapur penguat rasa di saat kita memasak.

Tetapi selain bisa di gunakan untuk bahan masakan ternyata bawang merah memiliki berbagai khasiat untuk memberikan kesehatan bagi tubuh kita. Berikut adalah beberapa manfaat bawang merah :

1. Bawang merah mentah sangat bermanfaat untuk melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh kita
2. Bawang merah bermanfaat untuk menghilangkan masuk angin, perut kembung dan biasa digunakan oleh banyak orang rumah karena manfaatnya sangat bagus sekali untuk tubuh kita dan juga merupakan obat tradisional.
3. Bawang merah bermanfaat untuk menurunkan kadar gula dan kadar kolestrol pada seseorang yang menderita gula darah dan kolestrol. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang merah dapat membantu mengontrol kadar gula darah, sehingga mengurangi risiko diabetes tipe 2.
4. Memberikan manfaat kepada mereka yang menderita sakit asma, dan ini bisa di konsumsi secara mentah ataupun saat sudah matang.
5. Memberikan manfaat terhadap mereka penderita gangguan saluran kemih.
6. Bawang merah mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid dan polifenol, yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, mengurangi risiko penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.
7. Menurunkan tekanan darah.
Kandungan allicin dalam bawang merah diyakini dapat membantu menurunkan tekanan darah, sehingga baik untuk kesehatan jantung.
8. Menurunkan risiko penyakit kardiovaskular.
Konsumsi bawang merah terkait dengan penurunan risiko penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner.
9. Menurunkan kadar kolesterol.
Beberapa penelitian menunjukkan bahwa bawang merah dapat membantu menurunkan kadar kolesterol LDL (kolesterol jahat) dalam darah.
10. Efek antibakteri dan antivirus.
Bawang merah memiliki sifat antibakteri dan antivirus yang dapat membantu melawan infeksi bakteri dan virus.
11. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Kandungan vitamin C dan mineral seperti selenium dalam bawang merah dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
12. Mengurangi peradangan
Senyawa antiinflamasi dalam bawang merah dapat membantu mengurangi peradangan dalam tubuh, membantu mengurangi risiko penyakit inflamasi kronis.
13. Mendukung pencernaan yang sehat.
Bawang merah mengandung serat diet yang baik untuk pencernaan, membantu mengurangi risiko sembelit dan meningkatkan kesehatan usus.
14. Mengurangi risiko kanker.
Meskipun bukti masih terbatas, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi bawang merah dapat terkait dengan penurunan risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker lambung dan usus besar.

Dengan demikian, mengonsumsi bawang merah secara teratur dapat memberikan manfaat kesehatan yang beragam.