Berbagai Risiko Jika Berlebihan Minum Teh Manis

0
340
Es teh manis yang menyegarkan (Foto: David Oloan)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Dalam kehidupan sehari-hari minum menjadi kebutuhan utama dalam hidup kita. Berbagai jenis minuman menjadi pilihan berdasarkan kegemaran kita.

Salah satu pilihan yang jadi kegemaran banyak orang Indonesia adalah minum  tawar atau manis, terlebih lagi jika cuaca terik, sangatlah menyegarkan. Es teh manis kerap jadi minuman pendamping makanan yang tersedia di berbagai tempat makan.

Namun konsumsi teh manis yang berlebihan dapat membawa beberapa risiko kesehatan. Berikut adalah beberapa risiko yang dapat terkait dengan minum teh manis:

Berikut adalah beberapa risiko yang dapat terkait dengan minum teh manis:
1. Mudah cemas dan Stress, di dalam daun teh ada kandungan kafein yang tidak bagus untuk kesehatan tubuh kita,
2.Peningkatan Risiko Diabetes: Konsumsi gula yang berlebihan dapat meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2. Teh manis mengandung gula tambahan yang bisa menyebabkan lonjakan kadar gula darah.
3. Gagal Ginjal: es teh penuh dengan asam oksalat. Jika [asam oksalat] dikonsumsi berlebihan, akan mengendap di ginjal dan mengganggu kerja pembuangan limbah dari darah.
4. Peningkatan Risiko Penyakit Jantung: Konsumsi gula berlebihan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Gula tambahan dapat menyebabkan peradangan kronis, peningkatan tekanan darah, dan kadar kolesterol yang tidak sehat.
5. Kerusakan Gigi: Gula dalam teh manis bisa menyebabkan gigi berlubang dan masalah kesehatan mulut lainnya karena bakteri dalam mulut mengubah gula menjadi asam yang merusak enamel gigi.
6. Obesitas: Teh manis tinggi kalori dari gula tambahan. Jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa diimbangi dengan aktivitas fisik yang cukup, ini bisa menyebabkan penambahan berat badan dan obesitas.
7. Gangguan Metabolisme: Gula yang berlebihan bisa mengganggu metabolisme tubuh, mempengaruhi fungsi insulin, dan menyebabkan resistensi insulin yang merupakan faktor risiko utama untuk banyak penyakit kronis.
8. Gangguan tidur, dimana di dalam teh ada kandungan kafein yang jika kita sering lakukan itu akan berdampak kepada kualitas tidur.
9. Kecanduan Gula: Teh manis bisa menyebabkan kecanduan gula, membuat seseorang sulit mengurangi asupan gula dan memilih makanan atau minuman yang lebih sehat.

Untuk menikmati teh dengan lebih sehat, pertimbangkan untuk mengurangi atau menghilangkan gula tambahan. Anda bisa mencoba teh tanpa gula atau menggunakan pemanis alami seperti madu dalam jumlah yang lebih kecil.