Ayo Menikmati Makanan Khas Uzbekistan

0
133
Plav dimasak dalam sebuah kuali atau wajan (Foto: Ria/Kontributor Vibizmedia)

(Vibizmedia – Gaya Hidup) Uzbekistan merupakan salah satu negara yang terletak di Asia Tengah. Negara ini dikenal memiliki ragam kuliner khas yang sangat lezat, di mana sebagian besar kuliner khasnya mendapatkan pengaruh budaya dari Turki dan seluruh negara di Asia Tengah.

Ada banyak kuliner khas Uzbekistan yang wajib anda cicipi saat berkunjung ke sana. Ayo kita Simak bersama.

 

Kuliner Khas Uzbekistan yang Sangat Lezat
Tuy Plov, salah satu makanan khas nasional dari Uzbekistan.(Foto: Ria/Kontributor Vibizmedia)

Tuy Plov atau Wedding Plov

Tuy Plov, salah satu makanan khas nasional dari Uzbekistan. Dikenal juga sebagai Wedding Plov yang biasanya disajikan saat pesta pernikahan.

Plav atau Pilaf dimasak dalam sebuah kuali atau wajan yang berukuran besar dengan campuran daging sapi atau daging domba, wortel, Bombay, kismis hitam, dan rempah lainnya.

Ada lebih dari 50 jenis Plov di Uzbekistan. Dari berbagai tempat di Uzbekistan memilik resep Plov tersendiri, yang merupakan menu favorit di tengah keluarga.

Samsa, salah satu pastry khas Uzbekistan mirip Tortila (Foto: Ria/Kontributor Vibizmedia)

 

Samsa

Salah satu pastry khas Uzbekistan mirip Tortila. Terbuat dari olahan tepung terigu dan margarin, dengan isi kentang dan daging domba yang dicincang halus, bawang bombay, tak lupa rempah lada hitam yang memberikan rasa khas. Samsa dipanggang di dalam sebuah oven berbentuk tempayan besar yang terbuat dari tanah liat, dikenal sebagai tandoor.

Roti Lepyoshka roti khas Uzbekistan (Foto: Ria/Kontributor Vibizmedia)

Roti Lepyoshka

Roti tradisional Uzbekistan yang umumnya disebut noni atau patyr dipanggang dalam tandyr (oven tanah liat) dalam bentuk datar melingkar (bahasa rusia: lepyoshka), terasa renyah dan enak tentunya.